Recent Posts

Persiapan memulai bisnis online

Dalam memulai bisnis online ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sahabat dalam memulai bisnis online sering sekali kita lupa identitas kita.  Identitas diri terbagi menjadi dua, yaitu identitas diri pribadi dan identitas diri umum. Kedua identitas diri ini sangat penting dalam dunia bisnis online.  Karena sedikit banyak akan diperlukan dalam pelaksanaannya. Penulis menuturkan tentang hal ini, bertolak dari esensi kita sebagai manusia yang mana tempatnya salah dan lupa. Kadang kitapun lupa dengan alamat rumah kita, nama kakak kita, saudara kita, atau bahkan lupa kalau kita ini manusia. :D
Kenapa hal ini sangat penting, karena dalam dunia bisnis online, sedikit saja salah memasukkan identitas, maka berakibat fatal. Misalnya pada rekening bank lokal, nama Anda memakai Andri Purnomo dan pada rekening paypal anda memakai nama Andri Purnomo Hadiningrat :,. maka ini akan berakibat anda tidak bisa melakukan mutasi uang anda.

Maka dari itu, persiapkan semua identitas diri anda sejak dini dan serapi mungkin. Tulis dalam catatan harian/atau sejenisnya beberapa hal berikut ini:
Nama                : Persiapkan nama anda, yaitu nama yang sesuai dengan KTP anda
Alamat               : Persiapkan alamat yang sesuai dengan alamat KTP anda
No Telpon         : Nomer yang bisa dihubungi
Email                 : Buat email kusus untuk bisnis Online
Pasword            : Buatlah password yang sama pada semua program bisnis Online yang anda ikuti, agar anda mudah mengingatnya.
ID Paypal atau Alertpay : Buatlah ID email yang sama sehingga mudah mengingatnya
Rekening Bank lokal      : Persiapkan rekening lokal anda dan ingat samakan identitasnya dengan KTP dan identitas rekening Paypal dan Alertpay anda.
List Program Online       : Buatlah list program online apa saja yang telah anda ikuti sehingga pada saat berjalan anda tidak kebingungan program mana saja yang anda telah ikuti.
Identitas lain                  : Identitas-identitas lain yang perlu anda ingat, seperti halnya tentang keluarga anda, jenjang pendidikan anda dll.
 
Simpan identitas-identitas tersebut dengan baik. Selain salinan tertulis, buatlah dalam bentuk file, sehingga ketika anda mendaftar program apapun dan membutuhkan identitas-identitas itu, anda tinggal copy paste saja, tanpa mengetik ulang. Dan terhindarlah ketidaksamaan identitas.
oks itu dulu tipsnya ada yang mo nambah? silahkan poskan komentar Anda. Suwun